Cerdas.

Prima.

dalam Memberikan Solusi.

Staf

Struktur Organisasi

Pusat Sistem Informasi USU dipimpin oleh seorang Kepala dan Wakil Kepala. Secara struktural memiliki seorang Kepala Sub Bagian. PSI terdiri dari 2 (dua) bagian yaitu Bagian Administrasi dan Bagian Teknis. Sub Bagian Teknis terdiri dari Sub Bidang Laman Web, Pangkalan Data, Sistem Informasi, Dukungan Jaringan dan Sistem serta Unit Usaha.

Kepala PSI

Anggi

Muhammad Anggia Muchtar, S.T., MMIT adalah Kepala PSI Ke-8 yang masa kerjanya diawali pada tahun 2016. Sebelum menjadi Kepala PSI, Dosen Fasilkom-TI yang pernah menjabat sebagai Kepala Program Studi Teknologi Informasi ini, menempuh pendidikan Manajemen Teknologi Informasi di Universiti Putra Malaysia. Dengan latar belakang tersebut, beliau didampingi wakilnya beserta timnya di PSI  memiliki komitmen untuk memajukan Universitas Sumatera Utara berbasis teknologi sesuai TALENTA dan BINTANG.

Igo

Dosen Teknik pada Prodi Teknik Elektro yang menjadi Wakil Kepala PSI sejak tahun 2016. Pengalamannya bekerja di PSI sejak tahun 2009 sebagai seorang programmer menjadikan beliau memahami secara teknis mengenai sistem dan infrastruktur jaringan dan komunikasi yang ada di PSI.

Maria

Penanggungjawab proses administrasi melalui Tata Usaha PSI.

Ulfi

Staf Pengajar Fasilkom-Ti pada Prodi Teknologi Informasi dengan tugas tambahan di PSI sejak Juni 2016. Pengalaman beliau di PSI pada tahun 2009 menjadi pengelola database non-SIA. Pada saat sekarang ini beliau memiliki tugas pokok sebagai penanggungjawab website USU dan seluruh website satuan kerja di USU seperti website Biro, Unit, Lembaga, Fakultas dan Prodi di Lingkungan USU serta aplikasi-aplikasi lain yang berbasis web.

Amry

Pelaksana pengelola laman dan pengembangan web USU dan web satuan kerja USU.

Sry

Pelaksana pengelola laman dan pengembangan web satuan kerja USU serta melayani layanan support PSI melalui Klinik TI.

Siti

Pelaksana pengelola laman dan pengembangan web satuan kerja USU serta melayani layanan support PSI melalui Klinik TI.

Fahmi

Designer PSI.

Dama

Designer PSI.

Yosi

Designer PSI.

Muhfi

Pelaksanaan administrasi, pengembangan dan pemeliharaan database USU yang mengatur sistem pangkalan data dan sistem informasi manajemen yang terintegrasi sesuai kebutuhan USU dan unit kerja. sub bidang ini juga bertugas menyediakan program penyedia data yang dibutuhkan sesuai format baku yang dikembangkan PSI, sekaligus melindungi dan mengamankan data serta informasi USU termasuk didalamnya Disaster Recovery Plan.

Dewi

Pelaksanaan administrasi, pengembangan dan pemeliharaan database USU yang mengatur sistem pangkalan data dan sistem informasi manajemen yang terintegrasi sesuai kebutuhan USU dan unit kerja. sub bidang ini juga bertugas menyediakan program penyedia data yang dibutuhkan sesuai format baku yang dikembangkan PSI, sekaligus melindungi dan mengamankan data serta informasi USU termasuk didalamnya Disaster Recovery Plan.

Tri

Pelaksanaan administrasi, pengembangan dan pemeliharaan database USU yang mengatur sistem pangkalan data dan sistem informasi manajemen yang terintegrasi sesuai kebutuhan USU dan unit kerja. sub bidang ini juga bertugas menyediakan program penyedia data yang dibutuhkan sesuai format baku yang dikembangkan PSI, sekaligus melindungi dan mengamankan data serta informasi USU termasuk didalamnya Disaster Recovery Plan.

Alvin

Pelaksanaan administrasi, pengembangan dan pemeliharaan database USU yang mengatur sistem pangkalan data dan sistem informasi manajemen yang terintegrasi sesuai kebutuhan USU dan unit kerja. sub bidang ini juga bertugas menyediakan program penyedia data yang dibutuhkan sesuai format baku yang dikembangkan PSI, sekaligus melindungi dan mengamankan data serta informasi USU termasuk didalamnya Disaster Recovery Plan.

Tsani

Pelaksanaan administrasi, pengembangan dan pemeliharaan database USU yang mengatur sistem pangkalan data dan sistem informasi manajemen yang terintegrasi sesuai kebutuhan USU dan unit kerja. sub bidang ini juga bertugas menyediakan program penyedia data yang dibutuhkan sesuai format baku yang dikembangkan PSI, sekaligus melindungi dan mengamankan data serta informasi USU termasuk didalamnya Disaster Recovery Plan.

Ainul

Pelaksanaan pengelolaan dan pengaturan sitem jaringan meliputi bandwith internet, jaringan internet, jaringan intranet, dan akses hotspot yang ada di lingkungan USU, termasuk didalamnya penyediaan fasilitas jaringan yang meliputi perangkat keras dan bandwith menjadi tanggung jawab USU. Divisi  ini juga bertanggung jawab terhadap pengaturan dan perawatan server yang digunakan untuk pereka, data dan informasi di beberapa unit kerja strategis.

Eko

Pelaksanaan pengelolaan dan pengaturan sitem jaringan meliputi bandwith internet, jaringan internet, jaringan intranet, dan akses hotspot yang ada di lingkungan USU, termasuk didalamnya penyediaan fasilitas jaringan yang meliputi perangkat keras dan bandwith menjadi tanggung jawab USU. Divisi  ini juga bertanggung jawab terhadap pengaturan dan perawatan server yang digunakan untuk pereka, data dan informasi di beberapa unit kerja strategis.

Deddy

Pelaksanaan pengelolaan dan pengaturan sitem jaringan meliputi bandwith internet, jaringan internet, jaringan intranet, dan akses hotspot yang ada di lingkungan USU, termasuk didalamnya penyediaan fasilitas jaringan yang meliputi perangkat keras dan bandwith menjadi tanggung jawab USU. Divisi  ini juga bertanggung jawab terhadap pengaturan dan perawatan server yang digunakan untuk pereka, data dan informasi di beberapa unit kerja strategis.

Hendra

Pelaksanaan pengelolaan dan pengaturan sitem jaringan meliputi bandwith internet, jaringan internet, jaringan intranet, dan akses hotspot yang ada di lingkungan USU, termasuk didalamnya penyediaan fasilitas jaringan yang meliputi perangkat keras dan bandwith menjadi tanggung jawab USU. Divisi  ini juga bertanggung jawab terhadap pengaturan dan perawatan server yang digunakan untuk pereka, data dan informasi di beberapa unit kerja strategis.

Roni

Pelaksanaan pengelolaan dan pengaturan sitem jaringan meliputi bandwith internet, jaringan internet, jaringan intranet, dan akses hotspot yang ada di lingkungan USU, termasuk didalamnya penyediaan fasilitas jaringan yang meliputi perangkat keras dan bandwith menjadi tanggung jawab USU. Divisi  ini juga bertanggung jawab terhadap pengaturan dan perawatan server yang digunakan untuk pereka, data dan informasi di beberapa unit kerja strategis.

Nasrun

Pelaksanaan pengelolaan dan pengaturan sitem jaringan meliputi bandwith internet, jaringan internet, jaringan intranet, dan akses hotspot yang ada di lingkungan USU, termasuk didalamnya penyediaan fasilitas jaringan yang meliputi perangkat keras dan bandwith menjadi tanggung jawab USU. Divisi  ini juga bertanggung jawab terhadap pengaturan dan perawatan server yang digunakan untuk pereka, data dan informasi di beberapa unit kerja strategis.

Irshad

Pelaksanaan pengelolaan dan pengaturan sitem jaringan meliputi bandwith internet, jaringan internet, jaringan intranet, dan akses hotspot yang ada di lingkungan USU, termasuk didalamnya penyediaan fasilitas jaringan yang meliputi perangkat keras dan bandwith menjadi tanggung jawab USU. Divisi  ini juga bertanggung jawab terhadap pengaturan dan perawatan server yang digunakan untuk pereka, data dan informasi di beberapa unit kerja strategis.

Irawan

Pelaksanaan pengelolaan dan pengaturan sitem jaringan meliputi bandwith internet, jaringan internet, jaringan intranet, dan akses hotspot yang ada di lingkungan USU, termasuk didalamnya penyediaan fasilitas jaringan yang meliputi perangkat keras dan bandwith menjadi tanggung jawab USU. Divisi  ini juga bertanggung jawab terhadap pengaturan dan perawatan server yang digunakan untuk pereka, data dan informasi di beberapa unit kerja strategis.

Rahman

Pelaksanaan pengelolaan dan pengaturan sitem jaringan meliputi bandwith internet, jaringan internet, jaringan intranet, dan akses hotspot yang ada di lingkungan USU, termasuk didalamnya penyediaan fasilitas jaringan yang meliputi perangkat keras dan bandwith menjadi tanggung jawab USU. Divisi  ini juga bertanggung jawab terhadap pengaturan dan perawatan server yang digunakan untuk pereka, data dan informasi di beberapa unit kerja strategis.

Udin

Pelaksanaan pengelolaan dan pengaturan sitem jaringan meliputi bandwith internet, jaringan internet, jaringan intranet, dan akses hotspot yang ada di lingkungan USU, termasuk didalamnya penyediaan fasilitas jaringan yang meliputi perangkat keras dan bandwith menjadi tanggung jawab USU. Divisi  ini juga bertanggung jawab terhadap pengaturan dan perawatan server yang digunakan untuk pereka, data dan informasi di beberapa unit kerja strategis.

Rini

Pelaksanaan Kegiatan yang berkaitan dengan segala bentuk pelatihan yang terkait dengan teknologi informasi dan sistem informasi manajemen yang ada di USU bagi mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan, maupun pihak luar. Termasuk didalamnya kegiatan usaha atau kerjasama usaha yang dilakukan PSI USU seperti Computer Base Test (CBT), Pemindaian LJK, Konsultasi sitem Informasi dan lain- lain.

Suardi

Pelaksanaan Kegiatan yang berkaitan dengan segala bentuk pelatihan yang terkait dengan teknologi informasi dan sistem informasi manajemen yang ada di USU bagi mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan, maupun pihak luar. Termasuk didalamnya kegiatan usaha atau kerjasama usaha yang dilakukan PSI USU seperti Computer Base Test (CBT), Pemindaian LJK, Konsultasi sitem Informasi dan lain- lain.

Avi

Melayani pengelolaan keuangan PSI.

Zubaidah

Surat menyurat, melayani pengelolaan dan administrasi baik teknis maupun kepentingan yang berkaitan dengan tugas-tugas USU.

Azhar

Melayani pengelolaan dan administrasi baik teknis maupun kepentingan yang berkaitan dengan tugas-tugas USU.

Seniman

Bertanggung jawab menyediakan dan mengelola serta mengembangkan selurus sistem informasi yang diperlukan untuk mendukung kegiatan pembelajaran, penelitian, pengabdian pada masyarakat, serta kegiatan- kegiatan penunjang seperti administrasi akademik, administrasi keuangan, administrasi keuangan, administrasi kemahasiswaan, pengelolaan perpustakaan dan kegiatan-kegiatan seluruh unit kerja yang ada di lingkungan USU demi tercapainya sistem tatakelolaan institusi yang baik serta membantu pimpinan dalam mengambil keputusan strategis serta meningkatkan kualitas layanan.

Izhari [Kiplik]

Bertanggung jawab menyediakan dan mengelola serta mengembangkan selurus sistem informasi yang diperlukan untuk mendukung kegiatan pembelajaran, penelitian, pengabdian pada masyarakat, serta kegiatan- kegiatan penunjang seperti administrasi akademik, administrasi keuangan, administrasi keuangan, administrasi kemahasiswaan, pengelolaan perpustakaan dan kegiatan-kegiatan seluruh unit kerja yang ada di lingkungan USU demi tercapainya sistem tatakelolaan institusi yang baik serta membantu pimpinan dalam mengambil keputusan strategis serta meningkatkan kualitas layanan.

Fariz

Bertanggung jawab menyediakan dan mengelola serta mengembangkan selurus sistem informasi yang diperlukan untuk mendukung kegiatan pembelajaran, penelitian, pengabdian pada masyarakat, serta kegiatan- kegiatan penunjang seperti administrasi akademik, administrasi keuangan, administrasi keuangan, administrasi kemahasiswaan, pengelolaan perpustakaan dan kegiatan-kegiatan seluruh unit kerja yang ada di lingkungan USU demi tercapainya sistem tatakelolaan institusi yang baik serta membantu pimpinan dalam mengambil keputusan strategis serta meningkatkan kualitas layanan.

Nazam

Bertanggung jawab menyediakan dan mengelola serta mengembangkan selurus sistem informasi yang diperlukan untuk mendukung kegiatan pembelajaran, penelitian, pengabdian pada masyarakat, serta kegiatan- kegiatan penunjang seperti administrasi akademik, administrasi keuangan, administrasi keuangan, administrasi kemahasiswaan, pengelolaan perpustakaan dan kegiatan-kegiatan seluruh unit kerja yang ada di lingkungan USU demi tercapainya sistem tatakelolaan institusi yang baik serta membantu pimpinan dalam mengambil keputusan strategis serta meningkatkan kualitas layanan.

Reza

Bertanggung jawab menyediakan dan mengelola serta mengembangkan selurus sistem informasi yang diperlukan untuk mendukung kegiatan pembelajaran, penelitian, pengabdian pada masyarakat, serta kegiatan- kegiatan penunjang seperti administrasi akademik, administrasi keuangan, administrasi keuangan, administrasi kemahasiswaan, pengelolaan perpustakaan dan kegiatan-kegiatan seluruh unit kerja yang ada di lingkungan USU demi tercapainya sistem tatakelolaan institusi yang baik serta membantu pimpinan dalam mengambil keputusan strategis serta meningkatkan kualitas layanan.

Saito

Bertanggung jawab menyediakan dan mengelola serta mengembangkan selurus sistem informasi yang diperlukan untuk mendukung kegiatan pembelajaran, penelitian, pengabdian pada masyarakat, serta kegiatan- kegiatan penunjang seperti administrasi akademik, administrasi keuangan, administrasi keuangan, administrasi kemahasiswaan, pengelolaan perpustakaan dan kegiatan-kegiatan seluruh unit kerja yang ada di lingkungan USU demi tercapainya sistem tatakelolaan institusi yang baik serta membantu pimpinan dalam mengambil keputusan strategis serta meningkatkan kualitas layanan.

Yeni

Bertanggung jawab menyediakan dan mengelola serta mengembangkan selurus sistem informasi yang diperlukan untuk mendukung kegiatan pembelajaran, penelitian, pengabdian pada masyarakat, serta kegiatan- kegiatan penunjang seperti administrasi akademik, administrasi keuangan, administrasi keuangan, administrasi kemahasiswaan, pengelolaan perpustakaan dan kegiatan-kegiatan seluruh unit kerja yang ada di lingkungan USU demi tercapainya sistem tatakelolaan institusi yang baik serta membantu pimpinan dalam mengambil keputusan strategis serta meningkatkan kualitas layanan.

Fachrin

Bertanggung jawab menyediakan dan mengelola serta mengembangkan selurus sistem informasi yang diperlukan untuk mendukung kegiatan pembelajaran, penelitian, pengabdian pada masyarakat, serta kegiatan- kegiatan penunjang seperti administrasi akademik, administrasi keuangan, administrasi keuangan, administrasi kemahasiswaan, pengelolaan perpustakaan dan kegiatan-kegiatan seluruh unit kerja yang ada di lingkungan USU demi tercapainya sistem tatakelolaan institusi yang baik serta membantu pimpinan dalam mengambil keputusan strategis serta meningkatkan kualitas layanan.

Portofolio Sistem Informasi

Informasi Lain

Sebagai perangkat satuan kerja yang bernaung di bawah Rektor dengan tugas dan fungsi membantu pimpinan universitas terutama dalam hal pembuatan, pengembangan, pemanfaatan, dan pelaksanaan sistem informasi di tingkat universitas, Pusat Sistem Informasi Universitas Sumatera Utara (PSI USU) telah menjalankan peran besar menyangkut ragam aspek pengelolaan program dan kegiatan di lingkup universitas.

Pusat Sistem Informasi telah melakukan program penguatan di berbagai bidang seperti sumber daya manusia, diantaranya dengan cara melakukan penambahan tenaga ahli yang memiliki kompetensi programmer termasuk penyediaan tenaga ahli dibidang teknis jaringan.

PSI USU telah melakukan pengembangan layanan Unit Usaha Sistem Informasi melalui penyediaan layanan jasa terutama bagi pemecahan masalah atau solusi dibidang teknologi informasi seperti penyediaan layanan jasa konsultasi teknologi informasi, jasa pembuatan sistem informasi manajemen dan komunikasi, jasa dalam pelaksanaan Computer Based Test (CBT), termasuk melaksanakan berbagai kegiatan pelatihan atau workshop dengan materi tentang penggunaan teknologi informasi juga termasuk memberikan layanan jasa lainnya yang dibutuhkan oleh masyarakat di bidang ini.

Dengan demikian atas optimalisasi peran dan fungsinya, PSI melalui tahapan pengembangan dan pemeliharaan yang dilakukan yang bertujuan untuk mengukuhkan PSI USU sebagai perangkat satuan kerja universitas atau sebagai pusat manajemen pengetahuan yang memiliki sumber daya interkonektivitas terhadap Perguruan Tinggi lainnya di Indonesia pada tujuan akhirnya akan menghantarkan Universitas Sumatera Utara sebagai Smart University di masa yang akan datang.

 

Menu

    Visi:

    Dengan komitmen untuk mewujudkan visi universitas, PSI USU memiliki visi:

    “Menjadi Unit Pelaksana Teknik yang memiliki kemampuan penyelenggaraan sistem informasi untuk memberikan pelayanan prima dalam mendukung USU sebagai perguruan tinggi yang memiliki keunggulan akademik dalam tatanan dunia global.”

     

     

    Misi:

    1. Menyelenggarakan sistem informasi secara otonom yang menjadi wadah bagi pengembangan berkarakter dan professional sumber daya manusia dengan memberdayakan kekayaan budaya, masyarakat dan sosial untuk menyelesaikan persoalan dan tantangan perubahan disebabkan arus informasi.
    2. Menghasilkan sistem informasi yang menjadi agen perubahan perilaku pengajaran dan pembelajaran, berorganisasi dan administrasi sehingga setiap orang yang terlibat dalam tridharma PT memiliki etika dan kompetensi.
    3. Melaksanakan, mengembangkan dan meningkatkan kemampuan sistem informasi dalam rangka meningkatkan kualitas tri dharma PT agar bermanfaat untuk mensejahterakan bangsa dan negara.

     

    Tujuan:

    Untuk mewujudkan visi PSI, disusun tujuan strategis yang akan dicapai sehingga dapat menggambarkan arah sistem informasi universitas. PSI bertujuan untuk:

    1. Menyediakan fasilitas sistem informasi yang diperlukan untuk mendukung kegiatan pembelajaran, penelitian, pengabdian pada masyarakat, serta kegiatan-kegiatan penunjang seperti administrasi akademik, administrasi keuangan, administrasi kemahasiswaan, pengelolaan perpustakaan dan kegiatan-kegiatan seluruh unit kerja yang ada di lingkungan USU.
    2. Menyediakan sistem jaringan internet dan intranet yang memadai guna meningkatkan aksesibilitas data dan informasi yang dibutuhkan sivitas akademika guna meningkatkan kualitas pendidikan.
    3. Mengembangkan sistem informasi manajemen yang berupa perangkat lunak dan prosedur-prosedur untuk mendukung tercapainya sistem ketatakelolaan institusi yang baik, membantu pimpinan dalam mengambil keputusan strategis serta meningkatkan kualitas layanan.
    4. Memelihara seluruh perangkat keras, jaringan dan perangkat lunak yang digunakan agar dapat memanfaatkan sistem informasi secara benar, efisien, efektif, dan sesuai ketentuan yang berlaku.

     

     

    Pusat Sistem Informasi Universitas Sumatera Utara adalah unit di bawah rektorat yang bertugas untuk membantu pimpinan universitas dalam hal pembuatan, pengembangan, pemanfaatan, dan pelaksanaan sistem informasi
    yang ada di Universitas Sumatera Utara. Pusat Sistem Informasi (PSI) pada awalnya bernama Pusat Komputer (Puskom) USU, diresmikan pendiriannya pada tanggal 11 Pebruari 1981 oleh Rektor USU Prof. Dr. A. P. Parlindungan, S.H. Puskom berlokasi di bekas gedung Kantor Pusat Administrasi (KPA) USU yang terletak di Jalan Prof. Dr. Maas No. 5, sekarang menjadi Jalan Perpustakaan. Kemudian pada tahun 1990, Puskom pindah ke gedung yang juga bekas KPA USU yang terletak di Jalan Universitas No. 9. Perpindahan ke gedung ini dikarenakan
    kebutuhan terhadap ruang yang lebih luas untuk penambahan kapasitas laboratorium komputer dan ruang kelas untuk kegiatan pelatihan bagi mahasiswa, dosen dan masyarakat umum.Perpindahan kedua ini dilakukan pada masa kepemimpinan Rektor USU Prof. M. Jusuf Hanafiah. Persiapan pendirian Puskom telah dimulai sejak akhir tahun 1979 atas permintaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, yang pada waktu itu berencana akan memberikan bantuan komputer untuk beberapa universitas di Indonesia. Persiapan pendirian Puskom dipimpin oleh Ir. Hamid Siagian, beliau kemudian diangkat menjadi Kepala Puskom USU yang pertama. Untuk mempersiapkan pendirian Puskom, perekrutan tenaga dilakukan dengan cara mencari tenaga berbakat untuk dilatih
    menjadi tenaga ahli di bidang komputer yang berasal dari staf USU. Sekitar lebih dari 200 orang karyawan dan dosen mengikuti aptitutude test. Hal ini dilakukan karena pada waktu itu tenaga ahli komputer sangat langka. Ketika itu penggunaan komputer hanya terdapat di beberapa perusahaan besar di Indonesia dan belum ada institusi pendidikan tinggi yang menyelenggarakan program studi di bidang komputer. Proses seleksi peserta dan penyelenggaraan pelatihan dilakukan oleh PT Pusat Informatika, sebuah perusahaan komputer yang berkantor di
    Jakarta.Pelatihan pertama diikuti oleh 23 orang peserta yang berasal dari berbagai fakultas di lingkungan USU. Setelah mengikuti beberapa subyek pelatihan yang berlangsung selama beberapa bulan, baik yang diselenggarakan di Medan maupun Jakarta, akhirnya sebanyak 8 orang ditugaskan sebagai staf Puskom pertama dengan jabatan
    programmer dan system analyst. Mereka adalah Ir. Bangsa Sitepu, Ir. Pernantin Tarigan, Drg. Soebagio Kasiman, Ir. Jose Rizal Nasution, Ir. Alwisman Dahlan, Drs. A. Ridwan Siregar, Dra. Ade Fatma Lubis, dan Dra. Peppy Andasari Lubis. Setelah perangkat komputer USU yang pertama yaitu sebuah sistem Honeywell Bull Mini-6 buatan Perancis dengan delapan buah dumb terminal terpasang, sejumlah perangkat lunak aplikasi mulai dikembangkan. Aplikasi yang pernah dijalankan dengan mesin Honeywell tersebut antara lain: sistem pendataan (registrasi) mahasiswa dan pencetakan kartu tanda mahasiswa, sistem pendataan dan penggajian pegawai dan pencetakan daftar gaji. Selain itu, diselenggarakan pelatihan komputer untuk mahasiswa dan masyarakat umum. Pelatihan ini telah memberikan dampak yang besar bagi mayarakat di Sumatera Utara. Pelatihan yang diselenggarakan dalam beberapa angkatan tersebut telah berhasil menarik minat mahasiswa dan masyarakat umum untuk belajar komputer dan kemudian memilih bidang ini menjadi profesi mereka. Untuk memasyarakatkan penggunaan komputer, selain melalui penyelenggaraan pelatihan juga diadakan berbagai kegiatan seperti Puskom open day dan pameran komputer. Melalui open day, masyarakat dapat melakukan kunjungan ke Puskom USU. Pameran yang pernah dilakukan antara lain adalah Pameran Satek (Sains dan Teknologi) di Gelanggang Mahasiswa USU pada tahun 1981, yang diikuti selain Puskom USU juga puluhan perusahaan dan instansi di Indonesia. Pada tahun 1983, Puskom USU juga tampil dalam Pameran Pembangunan USU yang diselenggarakan di KPA USU Jalan Universitas No. 9. Pameran ini dihadiri oleh Presiden Soeharto dan sejumlah menteri kabinet pada waktu itu. Sejalan dengan perkembangan teknologi, mesin Honeywell berhenti beroperasi setelah lima tahun digunakan dan digantikan mesin Digital TS05 yang memiliki kemampuan lebih besar. Mesin ini digunakan sebagai server yang dapat diakses melalui jaringan kampus yang juga dikembangkan. Pada saat yang bersamaan yaitu sejak tahun 1985, penggunaan Personal Computer (PC) mulai meluas, USU kemudian melakukan downsizing dengan lebih banyak menggunakan PC baik untuk aplikasi. perkantoran maupun untuk praktikum mahasiswa. Pada periode 1986-1991, di bawah kepemimpinan Ir. Pernantin Tarigan, dikembangkan berbagai perangkat lunak aplikasi berbasis PC termasuk antara lain aplikasi sistem informasi akademik, keuangan dan kepegawaian. Selain itu, juga dikembangkan laboratorium
    komputer PC untuk praktikum mahasiswa dan pelatihan komputer. Pada tahun 1996, sejalan dengan meluasnya penggunaan Internet sebagai jaringan global, USU berhasil memperoleh hibah dari pemerintah pusat untuk membangun jaringan kampus. Pada periode 1991—1997, di bawah kepemimpinan Dr. Ir. Darwin Sitompul, M.Eng., sebuah sistem jaringan kampus yang diberi nama USUNet dibangun menggunakan kabel fiber optic (FO) sepanjang 8.000 meter untuk menghubungkan gedung-gedung utama di Kampus USU PadangBulan. Jaringan ini dan semua perangkat keras dan lunak pendukungnya dikembangkan dalam dua tahap yaitu pada tahun 1996 dan 1997. Sejak itu, penggunaan Internet di kampus mulai diperkenalkan kepada civitas akademika USU. Jaringan ini selain terhubung ke jaringan Internet, juga digunakan untuk berbagai pelayanan sistem aplikasi online di dalam kampus.

    Sejumlah server komputer disediakan untuk berbagai keperluan seperti database sistem informasi manajemen (SIM) USU, e-mail, dan situs web. Situs resmi web USU pertama diluncurkan pada tahun 1996 sebagai media
    komunikasi baik untuk keperluan internal maupun eksternal. Dalam periode 1997—2005 di bawah kepemimpinan Ir. Nurdjulisman, penyelenggaraan pelayanan teknologi informasi (TI) terus dikembangkan terutama pengembangan perangkat lunak aplikasi SIM dan pemeliharaan jaringan kampus. Penggunaan scanable form untuk pengisian kartu rencana studi (KRS) mahasiswa terus dilanjutkan dan diproses di Puskom USU. Kegiatan
    penyelenggaraan seleksi mahasiswa baru di tingkat kepanitiaan lokal Medan sepenuhnya didukung oleh Puskom USU. Dalam rangka memenuhi kebutuhan yang terus meningkat terhadap infrastruktur TI dan manajemen informasi, organisasi pelayanan informasi di lingkungan USU kemudian direstrukturisasi pada tahun 2005. Hal ini sesuai dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga USU sebagai perguruan tinggi badan hukum milik negara (PT-BHMN). Di dalam status BHMN, unit kerja Pusat Komputer, ICT Center dan Perpustakaan Universitas digabungkan menjadi satu yang disebut Perpustakaan dan Sistem Informasi. Kepala Perpustakaan dan Sistem Informasi bertanggung-jawab langsung kepada Rektor dan memiliki fungsi untuk mengkoordinasikan seluruh spektrum pelayanan informasi di lingkungan USU. Kepala dibantu oleh dua orang Wakil Kepala yang masing-masing bertangung-jawab terhadap operasional sistem pelayanan Perpustakaan Universitas dan Pusat Sistem Informasi.
    Dengan struktur baru tersebut, pelayanan TI semakin dikembangkan dengan didukung oleh pendanaan yang cukup besar di bawah kepemimpinan Rektor USU Prof. Chairuddin P. Lubis, DTM&H, SpA(K). Pada tahun 2006 dilakukan pengadaan perangkat lunak aplikasi SIM USU terintegrasi yang mencakup seluruh aspek manajemen USU antara lain: sistem manajemen akademik, manajemen pengetahuan, manajemen sumber daya, manajemen hubungan komunitas, dan sistem dukungan teknologi komunikasi.

    Aplikasi sistem manajemen akademik meliputi: sistem registrasi ujian masuk online, registrasi/ herregistrasi, dan informasi akademik. Sistem manajemen pengetahuan meliputi: sistem informasi perpustakaan, informasi penelitian, e-learning, dan perpustakaan digital. Sistem manajemen sumber daya meliputi: sistem informasi kepegawaian, informasi keuangan dan akutansi, dan informasi manajemen aset. Sistem manajemen hubungan komunitas meliputi portal web universitas, sistem informasi alumni, dan rekrutmen online. Sistem dukungan teknologi komunikasi terdiri dari SMS USU dan Halo USU. Aplikasi-aplikasi tersebut terus mengalami perkembangan melalui proses customized sesuai dengan perkembangan kebutuhan USU. Pada tahun 2006, mulai diperkenalkan sistem registrasi online baik untuk mahasiswa baru maupun lama. Registrasi online diimplementasikan secara penuh mulai tahun akademik 2007/2008, yang meliputi antara lain kegiatan pengisian KRS dan pencetakan kartu hasil studi (KHS) oleh mahasiswa melalui Internet, pengisian nilai dan pemantauan prosesperkuliahan oleh staf bidang akademik di tingkat fakultas dan universitas. Sistem ini kemudian diintegrasikan dengan pembayaran SPP online pada tahun 2009. Dengan pengintegrasian tersebut, para mahasiswa tidak perlu lagi datang ke kampus pada waktu masa libur semester untuk pengisian KRS dan pembayaran SPP karena mereka dapat melakukan keduanya secara online dari luar kampus. Transformasi ke sistem baru ini berhasil meningkatkan efisiensi baik dari sisi manajemen universitas maupun mahasiswa dan dosen sebagai pengguna akhir. Untuk mendukung implementasi semua aplikasi SIM bagi manajemen dan proses pembelajaran bagi civitas akademika, kapasitas TI USU terus diperkuat termasuk pengembangan infrastruktur TI dan peningkatan bandwidth Internet yang tersedia. Selama kurun waktu 2006—2008 telah ditingkatkan kapasitas bandwidth Internet secara bertahap dari 1,5 Mbp hingga 500 Mbps yang telah menjangkau ke 30 satuan kerja yang ada di lingkungan USU dimana
    pusat data (data center) berada di Pusat Sistem Informasi USU. Untuk peningkatan kekuatan fasilitas pembelajaran, pada tahun 2017 dilakukan penambahan kapasitas internet sebesar 500 Mbps lagi sebagai backup dari jaringan utama.
    Pada tahun 2008 dan 2009, panjang jaringan kabel fiber optic Kampus Padang Bulan diperluas dari 8.000 meter menjadi 17.500 meter. Penambahan kabel ini bertujuan untuk menjangkau seluruh gedung baru yang belum
    terpasang sebelumnya dan sekaligus meningkatkan kehandalan backbone jaringan kampus.

     

    Pimpinan:

    Ir. Hamid Siagian (1981-1986)
    Ir. Pernantin Tarigan, M.Sc. (1986-1991)
    Dr. Ir. Darwin Sitompul, M.Eng. (1991-1997)
    Ir. Nurdjulisman (1997-2005)
    Dr. A. Ridwan Siregar, M.Lib. (2005-2011)
    Soeharwinto, S.T., M.T. (2011-2012)
    Drs. K. M. Mahyuddin, M.I.T., Ph.D. (2013- 2015)
    Muhammad Anggia Muchtar, S.T., MMIT (2016-Sekarang)

    Struktur Organisasi PSI

    Struktur Organisasi PSI

     

     

    Untuk mewujudkan visi yang telah disebutkan sebelumnya, PSI akan menjalankan misi, yaitu:

    Pertama, menyelenggarakan sistem informasi secara otonom yang menjadi wadah bagi pengembangan berkarakter dan professional sumber daya manusia dengan memberdayakan kekayaan budaya, masyarakat dan sosial untuk menyelesaikan persoalan dan tantangan perubahan disebabkan arus informasi. Kedua, menghasilkan sistem informasi yang menjadi agen perubahan perilaku pengajaran dan pembelajaran, berorganisasi dan administrasi sehingga setiap orang yang terlibat dalam tridharma PT memiliki etika dan kompetensi. Ketiga, melaksanakan, mengembangkan dan meningkatkan kemampuan sistem informasi dalam rangka meningkatkan kualitas tri dharma PT agar bermanfaat untuk mensejahterakan bangsa dan negara.

    “.

    Ini berarti bahwa PSI berusaha menjadi pilar utama dalam memenuhi kebutuhan TIK bagi universitas dengan cara senantiasa menyediakan pelayanan akses jaringan yang luas untuk sivitas akademika manajemen universitas, serta bantuan teknis untuk penggunaan  layanan tersebut.

     

    Hubungi PSI

    Temukan Kami

    • Alamat: Jalan Universitas No. 9A, Kampus Padang Bulan, Medan Baru, Medan, 20155
    • Telp.: (061) 8213793
    • Fax: (061) 8213793
    • Email:

    Pusat Sistem Informasi USU

    Testimoni