logo psi

Visi, Misi dan Tujuan

Pusat Sistem Informasi merupakan bagian dari organisasi Perpustakaan dan Sistem Informasi. Perpustakaan dan Sistem Informasi mempunyai struktur organisasi yang terdiri dari dua divisi yang masing-masing menyelenggarakan sistem pelayanan Perpustakaan Universitas dan cabang-cabangnya dan pelayanan akses terhadap infrastruktur TI dan lingkungannya.

PSI mempekerjakan sejumlah tenaga spesialis di bidang TI yang meliputi antara lain programmer, systems analyst, dan systems engineer.

Visi:

Dengan komitmen untuk mewujudkan visi universitas, PSI USU memiliki visi:
"Menjadi Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi yang mampu memberikan pelayanan prima dalam mendukung USU sebagai universitas untuk industri". Hal ini berarti bahwa dalam setiap pelayanan yang diberikan, PSI akan memperhatikan kualitas atas jasa yang diberikan bagi setiap pemangku kepentingan universitas untuk mendukung terwujudnya tujuan yang telah ditetapkan oleh universitas. Mencapai visi ini tidaklah mudah, namun dengan komitmen yang tinggi dari pimpinan akademik dan administrasi, PSI akan mampu menjadi pusat pelayanan TK yang prima untuk kepentingan USU.

 

Untuk mewujudkan visi yang telah disebutkan sebelumnya, PSI akan menjalankan misi, yaitu:
"Menyediakan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi, layanan sistem informasi, dan bantuan penggunaannya untuk kebutuhan penyelenggaraan Tridharma USU".
Ini berarti bahwa PSI berusaha menjadi pilar utama dalam memenuhi kebutuhan TIK bagi universitas dengan cara senantiasa menyediakan pelayanan akses jaringan yang luas untuk sivitas akademika manajemen universitas, serta bantuan teknis untuk penggunaan kedua layanan tersebut.

Misi:

Menyediakan infrastruktur teknologi informasi, perangkat lunak, dan dukungan teknis yang memungkinkan peningkatkan kualitas, perluasan akses terhadap informasi dan pengetahuan, dan peningkatkan efisiensi dan efektifitas seluruh sivitas akademika dan manajemen operasional Universitas.

 

Tujuan:
Untuk mewujudkan visi PSI, disusun tujuan strategis yang akan dicapai sehingga dapat menggambarkan arah sistem informasi universitas:
  1. Menyediakan, menadmisitrasikan, mengembangkan dan memelihara infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi untuk mendukung akses informasi dan manajemen universitas.
  2. Menyediakan dan mengembangkan perangkat lunak aplikasi untuk keperluan manajemen, proses pembelajaran dan penelitian.
  3. Membentuk dan mengelola tingkatan keahlian para staf untuk menjadi profesional di bidang TIK dengan menyediakan berbagai sarana dan melaksanakan pelatihan untuk staf internal PSI dan staf universitas.
  4. Memastikan perencanaan anggaran yang efektif untuk pengembangan unfrastruktur teknologi informasi dan komunikasi.
  5. Merencanakan, mempromosikan, mengimplemantasikan dan mengevaluasi aktifitas pelayanan teknologi informasi dan kamunikasi.
  6. Menyusun struktur manajemen dan struktur organisasi yang tepat untuk mencapai tujuan dan sasaran PSI.
  7. Menciptakan lingkungan, peluang da kondisi yang tepat untuk memungkinkan staf mampu mencapai dan memelihara kinerja yang prima dan memajukan karir.
  8. Menciptakan dan memelihara komunikasi dua arah baik ke luar maupun di dalam unit kerja.
  9. Mengoptimalkan berbagai sumber daya dan jejaring lokal, regional dan internasional.