logo psi

Prakarsa

INHERENT

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI) telah membangun suatu jaringan komputer antar perguruan tinggi yang disebut INHERENT. Tujuan dan fungsi utama jaringan ini adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan tinggi di Indonesia melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk menunjang kegiatan Tridharma dan pengelolaan perguruan tinggi.

Pemanfaatan TIK dalam pendidikan tinggi juga diharapkan dapat memacu penggunaan sumber daya secara bersama (bagi pakai) baik sumber daya informasi maupun sumber daya komputasi serta sumber daya manusia. Sumber daya informasi seperti perpustakaan digital, pangkalan data, atau repository informasi yang dimiliki oleh berbagai perguruan tinggi dapat dimanfaatkan bersama melalui keterhubungan maya yang difasilitasi oleh INHERENT, dengan tentu saja memperhatikan aturan universal tentang hak cipta atau hak atas kekayaan intelektual lainnya. Selain itu, setiap komputer atau piranti elektronik lainnya yang terhubung pada jaringan INHERENT merupakan sumber daya komputasi yang dapat dimanfaatkan secara bersama misalnya dalam keperluan penelitian atau praktikum.

Fasilitas jaringan INHERENT diharapkan juga dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran jarak jauh (distance learning), khususnya berbasis TIK (e-learning) dengan memanfatkan fasilitas videoconference atau video-streaming. Untuk itu, perguruan tinggi dapat mengembangkan sistem dan tata aturan agar pembelajaran semacam ini dapat diintegrasikan sebagai bagian integral dari kurikulum akademik dan pembelajaran mahasiswa.