logo psi

Sukses, Pelatihan Pembuatan Blog Di PSI USU

Sejalan dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat pesat, blog telah menjadi gaya hidup dan kebutuhan bagi berbagai kalangan dan elemen masyarakat baik itu sebagai buku harian, curhat, ungkapan opini, kreatifitas, tutorial bahkan dengan blog bisa meraup penghasilan lebih dengan berbagai macam bisnis dunia maya. Dan untuk mendapatkan kemudahan informasi dengan cepat, media sosialisasi (online), mempererat persahabatan serta membangun sebuah komunitas.


Bagi kalangan sivitas akademika yaitu mahasiswa dan staf pengajar (dosen) materi pendidikan yang diposting melalui media blog bisa menjadi sebuah konten hebat yang bermanfaat bagi kemajuan dunia pendidikan dan sivitas akademika dalam memajukan pengetahuan ilmiah. Blog juga dapat menjadi sarana interaktif antara dosen dan mahasiswa. Oleh karena itu, situs web USU (www.usu.ac.id) telah menyediakan layanan USU Blog untuk dosen dan mahasiswa USU untuk membuat blog pribadi.

dscn0781-pelatihanblog

Walaupun berbagai layanan pembuatan blog gratis telah tersedia tetapi banyak yang belum tahu bagaimana cara membuat blog, oleh karena itu, Pusat Sistem Informasi (PSI) USU sebagai pusat teknologi informasi dan komunikasi USU telah menyelenggarakan pelatihan pembuatan blog sehari pada hari Senin, 25 Oktober 2010 bertempat di ruang pelatihan Pusat Sistem Informasi. Pelatihan dengan 24 orang peserta tersebut baik dari kalangan mahasiswa S1 dan S2 maupun dari kalangan dosen USU diikuti dengan sangat antusias oleh para peserta.
Pada pelatihan sehari tersebut para peserta diajari cara mendaftar blog, mengedit tulisan, mengelompokkan tulisan berdasarkan kategori, memasukkan gambar dan video, membuat tautan, instalasi plugin, mengatur tampilan widget, memilih theme, SEO dan sebagainya. Pelatihan yang dimulai pada pukul 09.00 pagi dan berakhir pada pukul 15.00 tersebut dibimbing oleh instruktur Dani Gunawan, ST yang telah berpengalaman dalam membuat blog (http://dani.blog.usu.ac.id, http://danigunawan.com) dan asisten instruktur Rizka Dwitama (http://talazoft.blog.usu.ac.id).
Bagi para peserta yang telah mengikuti pelatihan blog tersebut, diharapkan untuk terus mengisi blognya dengan info-info yang dapat memberikan manfaat baik bagi diri sendiri maupun untuk orang lain. Bagi yang ingin mengetahui cara pembuatan blog, PSI USU berencana akan kembali mengadakan pelatihan pembuatan blog pada bulan Desember 2010.