logo psi

Layanan TI

Klinik TI  | Sistem Informasi | Pelatihan TI

usu mail USU
MAIL
portal akademik USU
BLOG         

logo usuneta

USU E-LEARNING
Terdiri dari semua bentuk pembelajaran elektronik untuk mendukung proses belajar dan mengajar

usu ocw USU OCW
Publikasi digital gratis dan terbukadapat diakses oleh siapapun dan kapan saja melalui Internet

USU Raih Peringkat 2 Nasional dan 21 Dunia Untuk Repository

Universitas Sumatera Utara (USU) berhasil memperbaiki peringkat untuk repositori universitas yang dikeluarkan oleh Webometrics for Institutional Repository versi Januari 2012 menjadi peringkat 2 di Indonesia menggeser posisi Undip. Sebelumnya USU menempati peringkat 3 di Indonesia di bawah ITS dan Undip. Untuk urutan 5 besar Indonesia masing-masing adalah  ITS, USU, UNDIP, UMS, dan IPB. Sementara untuk peringkat di dunia USU juga berhasil memperbaiki peringkat yang sangat signifikan yaitu dari peringkat 91 menjadi 21 dunia.

Terdapat ada dua sistem pemeringkatan untuk repositori di Webometrics, yaitu Top Institutional Repository dan Top Repository. Top Institutional Repository merupakan pemeringkatan institusi yang memiliki repositori, sedangkan Top Repository merupakan pemeringkatan repositori (satu institusi bisa jadi memiliki dua repositori).  Pada peringkat untuk versi 2012 ini USU berhasil meraih peringkat 7 dunia dalam kategori Size. Size  adalah jumlah halaman website (html) yang tertangkap oleh mesin pencari (Google).

Berikut peringkat repositori institusi Webometrics versi Januari 2012 untuk tingkat nasional dan dunia.

repositori1


Pemeringkatan Webometrics ini bertujuan untuk menakar aksesibilitas dan komitmen perguruan tinggi atau institusi untuk sharing atau mempublikasikan pengetahuan dan karya-karya ilmiahnya ke seluruh dunia secara terbuka (fulltext open access). Yang lebih penting lagi dari sistem pemeringkatan ini adalah impact dari portal website atau domain tersebut untuk mengukur seberapa besar manfaatnya di mata masyarakat dunia.

Ada empat komponen yang menjadi indikator utama dari penilaian Webometrics for Institutional Repository ini, yaitu: Size (20%), Visibility (50%), Rich Files (15%), dan Scholar (15%):  Size adalah jumlah halaman website (html) yang tertangkap oleh mesin pencari (Google), tidak termasuk rich files. Visibility merupakan jumlah eksternal link yang unik (jumlah backlink) yang diterima oleh domain web universitas (inlinks) yang tertangkap oleh mesin pencari (Google). Visibility ini menyiratkan besarnya impact terhadap sebuah website/repositori. Rich Files merupakan jumlah file dokumen (Adobe Acrobat (.pdf), Adobe PostScript (.ps, .eps), Microsoft Word (.doc,.docx) and Microsoft Powerpoint (.ppt, .pptx) yang online di bawah domain website universitas yang tertangkap oleh mesin pencari (Google). Scholar merupakan jumlah artikel-artikel ilmiah yang terindeks di Google Scholar dan lima tahun terakhir (2007-2011). (sumber www.usu.ac.id)